martabak-mini-tanpa-oven-mixer
Martabak Tanpa Oven dan Mixer

Halo, Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam untuk kamu yang sedang membaca ini di berbagai waktu. Hehe.

Kamu yang #dirumahaja bosan dengan masakan dan camilan yang itu-itu saja? Mau buat kue tapi nggak punya oven dan mixer? Kamu bisa loh tetap buat kue enak tanpa oven dan mixer, loh!

Apa resep kue tanpa oven dan mixer nya, mimin Kenyangers?

Martabak Mini atau Martabak Besar

martabak-mini-kenyangers
Martabak manis, semanis kamu yang lagi baca artikel ini.

Yap, mudah banget buat martabak ini! Untuk masalah martabak mini atau besarnya, kamu bisa saja gunakan cetakan yang berbeda. Jika martabak besar pada umumnya menggunakan loyang yang besar, kalau martabak mini menggunakan cetakan loyang yang mini-mini, sesuai namanya.

Inspirasi resep: fimela

Bahan-bahan:

  • 250 gr tepung terigu
  • 50 gr gula pasir
  • 1 butir telur
  • 300 mL air
  • 1/2 sdt ragi instan (kalau ragi instan yang biasa Mimin Kenyangers pake sih merk Fermipan)
  • 1/4 sdt soda kue
  • 1/4 sdt garam
  • 3 sdm minyak goreng
  • Topping sesuka mu, meises coklat, keju, kacang, dsb!

Cara Membuat:

  1. Pertama! Cuci tangan dan pastikan semua alat membuat kue higienis.
  2. Kocok telur, gula, dan garam dengan spatula sampai tercampur rata.
  3. Secara bergantian, masukkan tepung terigu dan air sedikit demi sedikit. Ingat ya! Secara bergantian dan sedikit demi sedikit agar tidak menggumpal.
  4. Jika adonan sudah tercampur dengan merata, masukkan ragi instan, soda kue, dan minyak goreng ya.
  5. Tutup adonan dengan platik wrap atau serbet bersih sekitar 45 menit atau 1 jam.
  6. Panaskan teflon, jika teflon sudah panas, atur api hingga menjadi api kecil ya agar tidak mudah gosong ketika adonan dimasukkan.
  7. Tuang adonan martabak, setengah adonan. Jika ingin kulit tepi martabak menjadi renyah, bisa dengan memutar teflon hingga memenuhi teflon.
  8. Tunggu adonan hingga berpori, taburi dengan gula pasir.
  9. Tunggu adonan sebentar hingga matang merata. Setelah itu angkat martabak yang sudah matang.
  10. Olesi martabak dengan mentega dibagian atas dan bawahnya, lalu taburkan topping kesukaanmu!
  11. Selamat menikmati, Kenyangers!

Fyi, resep tadi bisa membuat hingga 2 teflon loh dengan diameter 22 cm. Gimana, Kenyangers? Jadi mau coba buat sendiri? Enak dan mudah kan!

Tidak pernah bosan-bosannya deh, Mimin Kenyangers selalu mengingatkan untuk rajin mencuci tangan, menjaga kehigienisan bahan dan juga kehigienisan alat masak!

Ingat ya! Buat sendiri itu bakal lebih nikmat, bersih, dan sehat! Kamu, nggak mau kan tubuh mu terkontaminasi dengan bakteri, ataupun virus?

Makanya, buat sendiri ya apalagi kamu #dirumahaja nih, pasti punya waktu lebih banyak. Oh ya, untuk kamu yang mau buat kue tanpa oven dan mixer, bisa buat donat juga, loh!

Untuk resep donat mudah kalian bisa klik ini atau untuk kue lainnya kamu bisa klik ini juga !

About Mimin Kenyangers

Bahagia? Perut Kenyang!

Kenyangers May Be Like This Too:

3 Komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × two =